Mau Resign Setelah Lebaran? Ini Tips Cari Lowongan Pekerjaan Baru

Pernah dengar cerita rekan kerja yang berniat resign, tetapi nunggu setelah Lebaran atau setelah dapat Tunjangan Hari Raya (THR)? Atau mungkin kamu juga lagi mengalaminya sendiri?

Nah, sebenarnya banyak alasan tersendiri yang melatarbelakangi seseorang untuk resign dari kantor lama pasca Lebaran, contohnya karena menunggu THR cair, banyaknya lowongan kerja yang dibuka, ataupun sedang mencari tantangan kerja baru.

Ternyata, hal ini juga ditemukan dalam studi terbaru SEEK yang berjudul “Apa yang Diharapkan Pekerja Diketahui Oleh Perusahaan: Membuka Pintu Masa Depan Rekrutmen", yang menyebutkan bahwa 42% dari para profesional Indonesia terbuka untuk tawaran kerja baru.

Namun, mencari pekerjaan baru tidak selalu mudah, terutama di tengah persaingan yang ketat di dunia kerja saat ini.

Selain itu, proses rekrutmen atau melamar kerja pun dapat berbeda, tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Ilustrasi Tips Cari Lowongan Pekerjaan Baru

Untuk memaksimalkan kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan baru, berikut tips dari JobStreet bagi kamu yang akan mencari pekerjaan pasca resign setelah Lebaran.

1. Lakukan riset seputar perusahaan dan jabatan yang kamu incar

Sebelum melamar ke sebuah perusahaan, hal pertama yang kamu perlu lakukan adalah melakukan riset terhadap perusahaan serta jabatan yang ingin kamu lamar. Dengan melakukan riset, kamu dapat terlihat menjadi kandidat terdepan dengan pengetahuan yang baik mengenai perusahaan serta jabatan yang kamu lamar.

2. Update CV dan siapkan cover letter yang sesuai

Setelah melakukan riset, pastikan kamu update CV sesuai dengan jabatan pekerjaanmu sebelumnya dan siapkan cover letter yang menarik agar mudah dilirik oleh perekrut. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan beberapa keyword atau kata kunci yang sesuai dengan minat dan keahlian kamu, sehingga dapat menarik perhatian perekrut dengan mudah.

3. Perbarui dan lengkapi profil JobStreet

Jika kamu telah melakukan update terhadap CV, pastikan kamu juga telah memperbarui dan melengkapi data maupun pencapaian terbaru yang kamu dapatkan di kantor sebelumnya, di profil JobStreet-mu. Hal ini tentunya juga dapat mempermudah perekrut untuk melakukan seleksi terhadap kandidat terbaik yang cocok dengan perusahaan mereka.

4. Lakukan follow-up kepada HR

Jika kamu telah melamar ke perusahaan serta jabatan yang diinginkan, kamu dapat melakukan follow-up mandiri kepada perekrut. 

Kamu dapat menanyakan kelanjutan atau hasil akhir dari rekrutmen terhadap jabatan yang kamu lamar. 

Pastikan juga kamu melakukan follow-up dengan menggunakan etika komunikasi yang baik dan sopan, serta pada waktu yang sesuai.

Hal ini dapat memperlihatkan bahwa kamu adalah kandidat yang profesional dan dapat membantu kamu membangun hubungan yang baik dengan perekrut.

Nah, berikut beberapa tips dari JobStreet yang bisa kamu terapkan jika kamu akan mencari pekerjaan baru pasca resign setelah Lebaran. 

Walaupun mencari pekerjaan setelah Lebaran memang bukan hal yang mudah, pastikan kamu melakukan kiat-kiat tersendiri agar mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan di platform JobStreet!



0 Response to "Mau Resign Setelah Lebaran? Ini Tips Cari Lowongan Pekerjaan Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel